Struktural

Para pejabat struktural fakultas yang terkait dalam penyelenggaraan pendidikan memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai berikut:

A. Dekan Fakultas:

  1. Merencanakan dan melaksanakan program kerja tahunan kegiatan tri dharma perguruan tinggi;
  2. Melaksanakan keputusan Rektor berdasarkan ketentuan yang berlaku;
  3. Melaksanakan kerjasama dengan perguruan tinggi, instansi pemerintah, lembaga swasta, dan masyarakat;
  4. Merumuskan dan melaksanakan renstra dan renop;
  5. Memimpin penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran;
  6. Membina tenaga pendidik dan kependidikan, mahasiswa sesuai visi dan misi fakultas;
  7. Menyiapkan instrumen penjaminan mutu internal dan eksternal;
  8. Menyusun Rencana Anggaan Belanja di unit kerjanya.
  9. Melaporkan semua kegiatan kepada Rektor; dan
  10. Melaksanakan tugas lainnya dari atasan.

 

B. Wakil Dekan Bidang akademik dan kerjasama

  1. Membantu dan mewakili Dekan dalam memimpin pelaksanaan tugas pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta bidang akademik dan hubungan masyarakat;
  2. Bertanggung jawab secara teknis atas pelaksanaan program fakultas bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta hubungan masyarakat;
  3. Melaksanakan dan mengadministrasikan kegiatan akademik sesuai dengan panduan akademik fakultas.
  4. Melakukan pendampingan kegiatan akademik tiap program studi.
  5. Melaporkan semua kegiatan yang telah terlaksana maupun tidak terlaksana kepada Dekan; dan
  6. Melaksanakan tugas lainnya dari atasan.

 

  1. Wakil Dekan Bid. Kemahasiwaan & Umum
  2. Mengusahkan terwujudnya kesejahteraan, penalaran, bakat serta minat mahasiswa.
  3. Menjalin kerjasama dengan semua pihak dalam setiap usaha dibidang ke mahasiswaan, pengbmasy dan usaha penunjangnya.
  4. Membantu dan mewakili Dekan dalam memimpin pelaksanaan tugas bidang keuangan, kesejahteraan pegawai/karyawan, sarana prasarana dan administrasi umum;
  5. Bertanggung jawab secara teknis terhadap pelaksanaan program Fakultas bidang keuangan, kesejahteraan pegawai/karyawan, sarana prasarana dan administrasi umum;
  6. Melaporkan semua kegiatan kepada Dekan; dan
  7. Melaksanakan tugas lainnya dari atasan.

 

C. Unit Penunjang Laboratorium

  1. Mempersiapkan ruang laboratorium untuk kegiatan praktikum.
  2. Mempersiapkan bahan dan peralatan praktikum di laboratorium masing-masing sesuai kebutuhan praktikum.
  3. Membuat berita acara untuk setiapkerusakan/ kekurangan/ kehilangan alat-alat praktikum.
  4. Merawat, menjaga dan menginventarisasi peralatan laboratorium.
  5. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh Atasan.

 

D. Ketua Program Studi (Ka. Prodi)

  1. Membantu dan mewakili Wakil Dekan dalam memimpin pelaksanaan tugas bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, keuangan, kesejahteraan pegawai/karyawan, sarana prasarana dan administrasi umum serta bidang kemahasiswaan dan hubungan masyarakat;
  2. Bertanggung jawab secara teknis terhadap pelaksanaan Program Studi bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, keuangan, kesejahteraan pegawai/karyawan, sarana prasarana dan administrasi umum serta bidang kemahasiswaan dan hubungan masyarakat
  3. Menyusun Rencana Anggaan Belanja di unit kerjanya
  4. Melaporkan semua kegiatan kepada Dekan; dan
  5. Melaksanakan tugas lainnya dari atasan.

 

 

E. Sekretaris Program Studi (Sek. Prodi)

  1. Bersama Wakil Dekan atau Ketua Program Studi menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, keuangan, kesejahteraan pegawai/karyawan, sarana prasarana dan administrasi umum serta bidang kemahasiswaan dan hubungan masyarakat, meliputi :
    • Menyediakan pedoman akademik Prodi;
    • Monitoring kehadiran dosen dan mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan;
    • Pengurusan konversi, SKPI dan Ijazah;
    • Kalender kegiatan akademik;
    • Jadwal dan jurnal perkuliahan;
    • Surat tugas dosen pengampu mata kuliah;
    • Mutasi Mahasiswa;
    • Kartu Rencana Studi (KRS);
    • Kartu Hasil Studi (KHS).

 

2.    Melaporkan secara periodik (per triwulan) kepada Wakil Dekan atau Ketua Program Studi terhadap pelaksanaan kegiatan bidang pengajaran,  penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, keuangan, kesejahteraan pegawai/karyawan, sarana prasarana dan administrasi umum serta bidang kemahasiswaan dan hubungan masyarakat.

3.  Melaksanakan tugas lainnya dari atasan.

 

F. Kepala Bagian Tata Usaha (Ka. Bag. TU)

  1. Membantu Dekan dan Wakil Dekan dalam memimpin pelaksanaan tugas administrasi/ketatausahaan fakultas, bidang akademik, kemahasiswaan, kepegawaian, keuangan dan umum;
  2. Menyelenggarakan pelayanan administrasi.
  3. Melaporkan secara periodik (per triwulan) kepada Dekan dan Wakil Dekan terhadap pelaksanaan tugas administrasi/ketatausahaan Fakultas.
  4. Melaporkan semua kegiatan kepada Dekan; dan
  5. Melaksanakan tugas lainnya dari atasan.

 

G. Unit Penjaminan Mutu Fakultas

  1. Melaksanakan seluruh kegiatan Unit Penjaminan Mutu Fakultas bidang pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, layanan administrasi akademik, administrasi umum dan pengelolahan sumber daya;
  2. Bertanggung jawab dan melaksanakan koordinasi dalam pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas yang di laksanakan oleh UPMF.


Leave a Reply