Prodi S1 Sastra Inggris

Dosen tetap Sastra Inggris

Prodi S1 Sastra Inggris berdiri pada tahun 1997 dan menjadi bagian dari Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing (STIBA) Darul Ulum. Pada saat itu, lokasinya berada di gedung Akper(saat ini bernama gedung Fakultas Ilmu Kesehatan) sebelah timur. Seiring dengan berjalannya waktu, lokasi STIBA, pindah ke gedung FBS (saat ini bernama gedung FKIP). Pada tahun 2001, STIBA, STAI dan Akper  melebur menjadi Unipdu (Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum). Peresmian Unipdu sebagai kampus baru dilakukan oleh wakil presiden Hamzah Haz.

Di gedung FBS, prodi Sastra Inggris terus berbenah agar lebih diminati oleh masyarakat. Pembenahan ini dilakukan dengan perekrutan dosen baru serta pengiriman dosen yang berkualifikasi  S1 untuk studi lanjut. Hal ini bertujuan memnuhi persyaratan DIKTI agar tenaga pendidik memiliki kualifikasi S2 dan S3. Disamping itu, mereka diharapkan  mampu mendidik mahasiswa sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan. Pada akhir 2017  prodi S1 Sastra Inggris memperoleh akreditasi B dari BAN PT setelah menjalani penilaian dari asesor. Dengan pemerolehan akreditasi B tersebut, saat ini Prodi sastra Inggris memperoleh “jatah” beasiswa bidik misi atau KIP, selain beasiswa PPA/BBM serta beasiswa yayasan lainnya.

Pada tahun 2018, prodi S1 Sastra Inggris serta prodi D-3 Bahasa Jepang digabung dengan Prodi S1 Administrasi Bisnis dalam satu Fakultas. Fakultas baru tersebut diberi nama Fakultas Bisnis dan Bahasa yang berlokasi di gedung utama Unipdu. Penggabungan ini juga dilakukan terhdap prodi lainnya, seperti prodi Matematika serta prodi Sistem Informasi (Fakultas Saintek) prodi Pendidikan Matematika dan pendidikan bahasa Inggris (Fakultas Ilmu keguruan dan Pendidikan).

Saat ini Prodi Sastra Inggris FBB Unipdu memiliki 1 tenaga dosen berkualifikasi S3, serta 5 dosen berkualifikasi S2. Keenam dosen tersebut memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan keilmuan yang diajarkan di prodi Sastra Inggris Unipdu. Keenam dosen tersebut adalah sebagai berikut

  1. Dr. Nuning Yudhi Prasetyani, M.Hum (bidang keilmuan Linguistik Penerjemahan)
  2. Irta Fitriana, M.Hum. (bidang keilmuan Pragmatik dan Penerjemahan)
  3. Endang Suciati, M.A. (bidang keilmuan Sastra)
  4. Binti Qaniah, M.Hum (bidang keilmuan Linguistik)
  5. Maisarah, M.Si (bidang keilmuan Komunikasi)
  6. Nurdin Bramono, M.Hum (bidang keilmuan Penerjemahan)

Latar belakang keilmuan enam dosen di atas, sangat mendukung profil prodi Sastra Inggris yakni:

  1. Penulis
  2. Penerjemah
  3. Staf kantor.

Bahkan keenam-enamnya telah memiliki sertifikat pendidik dari DIKTI, sebagai salah satu syarat untuk menjalankan amanah sebagai pendidik pada tingkat perguruan tinggi. Hal ini semakin menambah kepercayaan diri prodi Sastra Inggris FBB Unipdu dalam melangkah untuk mendidik para calon pemimpin bangsa.

 

Selamat datang di Sastra Inggris (sasing) Unipdu.



Leave a Reply